Tuesday, February 27, 2024

Autisme

 ANAK AUTIS PERLU PROBIOTIK......


Tulisan berikut saya kutip dari tulisan Bpk. Victor Riwu-riwu ( http://wilmana.wordpress.com/2008/07/09 ... probiotik/ ), beliau juga orangtua anak autis . Semoga kutipan berikut tidak mengurangi makna dan isi yang terkandung pada tulisan beliau


Gangguan pencernaan pada anak autis


Dalam buku-buku kesehatan pencernaan, kita bisa menemukan informasi bahwa ada begitu banyak penyakit yang disebabkan karena terganggunya pencernaan. Penyakit migren, vertigo, kolesterol yang menimbulkan berbagai varian sakit jantung, diyakini bersumber dari terganggunya pencernaan. Hal ini wajar saja, karena terganggunya pencernaan menyebabkan asupan gizi menjadi berkurang dan hal ini berpotensi menimbulkan berbagai penyakit di atas. Karena itu menurut kami, dampak langsung probiotik adalah pada pemulihan kerusakan sistem pencernaan secara umum.


Gangguan pada usus anak autis pada saat bayi berpotensi mengurangi kemampuan sistem pencernaan untuk memproduksi enzim-enzim pencernaan yang penting bagi kesempurnaan dalam mencerna bahan makanan hingga asam amino dan unsur-unsur vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya.


Bahan Makanan yang tidak tercerna secara sempurna akan mengendap dalam usus dan malah akan menjadi racun bagi usus.

Bahan makanan itu akan menjadi pupuk bagi jamur usus dan mikroorganisme negatif lainnya sehingga jumlahnya semakin meningkat dan makin menggerogoti dinidng usus juga memungkinkan bahan-bahan racun tersebut masuk ke dalam darah tanpa melalui mekanisme normal penyerapan usus. Akibatnya, racun-racun itu dapat menimbulkan gejala keracunan , lazim disebut alergi. 


Temuan-temuan pada kasus anak autis menunjukkan bahwa gangguan pencernaan biasanya terjadi pada bahan makanan susu dan terigu. Pencernaan anak autis tidak mampu memecah protein susu dan terigu hingga asam-asam amino pembentuknya. Akibatnya, ikatan rantai protein susu (casein) dan protein terigu (gluten) yang tidak tercerna dengan baik itu akan mengendap dalam usus dan bersenyawa dengan bahan lain dalam usus menjadi caseomorphin dan glucomorphin. Kedua jenis morphin ini masuk kedalam darah melalui lubang usus yang bocor dan terbawa oleh darah ke otak. Di otak, baik glucomorphin maupun caseomorphin memiliki dampak yang sama dengan jenis-jenis morfin narkoba. Gangguan “narkoba” ini pada bayi dan balita pada stadium lanjut akan menimbulkan kerusakan permanen pada sistem syaraf secara luas.


Probiotik Sebagai Obat Gangguan Pencernaan

----------------------------------------------------------------

Didapatkan informasi mengenai dampak positif probiotik bagi pemulihan pencernaan. Probiotik disebut juga bakteri baik atau menguntungkan. Jika didefenisikan secara lengkap, probiotik adalah sekelompok mikroorganisme homogen atau heterogen yang berpengaruh baik bila diberikan kepada manusia. Probiotik akan menekan pertumbuhan bakteri patogen atau jahat yang ada dalam usus manusia. Probiotik juga menghasilkan enzim-enzim khusus yang berguna untuk menambal lubang bocor pada usus.


http://www.autisfamily.com/2008/08/anak-autis-dan-probiotik.html

No comments:

Fermentasi Bit Mix